Senin, 09 Juni 2014

Tips Agar Performa Smartphone Android Tidak Lemot


Tips Agar Performa Smartphone Android Tidak Lemot

Tahun-tahun terakhir ini sepertinya menjadi tahunnya smartphone Android. Padahal sudah menjadi trend semenjak beberapa tahun yang lalu, namun hingga saat masih belum nampak titik jenuh para konsumen ponsel untuk terus menggunakan ponsel ini. Bahkan semakin bertambahnya tahun, semakin banyak pula berbagai produk smartphone yang bertengger di pasaran dengan berbagai merk, spesifikasi, serta harga. Banyaknya smartphone android yang beredar tersebut pastinya memberikan keuntungan tersendiri karena kita dapat lebih leluasa memilih. Disamping itu juga memberikan beberapa pekerjaan rumah yang besar yaitu harus ekstra dalam melakukan perawatan pasalnya banyaknya smartphone yang beredar dengan tampilan yang amat bagus tidak menjamin kualitasnya bagus pula. Ketika kita memiliki ponsel Android maka terdapat beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan, salah satunya yaitu dalam hal performa ponsel. Pasti tidak ingin memiliki ponsel yang lemot dan mudah hang bukan?
Tips-Agar-Performa-Smartphone-Android-Tidak-Lemot
Berikut ini terdapat beberapa tips menjaga performa smartphone Android:
  1. Kurangi jumlah aplikasi yang terinstal. Ponsel android memberikan kemudahan dalam koneksi internet dan juga tersedianya berbagai aplikasi yang menarik. Aplikasi ini justru menjadi salah satu penyebab ponsel ngehang dan performanya berkurang. Oleh karena itu, aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting maupun yang tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya diuninstal.
  2. Manfaatkan aplikasi pemantau CPU dan RAM. Bagi para pengguna Android dapat mengoptimalkan aplikasi Task Manager yang sudah menjadi bawaan ponsel. Sementara smartphone lain dapat mengunduh aplikasi Advanced Task Manager secara gratis di Play Store.
  3. Beri sisa space memori internal. Minimal sisakan space kosong dari memori internal kira-kira 10%.
  4. Jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan. Karena banyaknya aplikasi yang dapat diinstal di ponsel Android, namun tak jarang para penggunanya menggunakan secara bersamaan. Nah, inilah salah satu penyebab ponsel performanya lambat. Oleh karena itu, jangan sampai menjalankan beberapa aplikasi pada background ponsel.
  5. Partisi Sdcard. Partisi Sdcard ini berfungsi untuk mengurangi aplikasi yang tersimpan di memori internal sehingga memori internal tidak akan penuh.
  6. SWAP Sdcard. Perlakuan ini hanya tepat diterapkan pada ponsel dengan RAM kurang dari 768 MB. Gunakan Mini Tool Partition Wizard untuk melakukan SWAP.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More