Rabu, 28 Mei 2014

Kenapa Komputer Gue Lemot?

Kenapa Komputer Gue Lemot?


Pertanyaan itu mungkin muncul bila anda menemukan fenomena menjengkelkan yang bernama komputer lemot. Tentu saja, sangat menyebalkan. Khususnya buat anda yang tidak sabaran. Langsung saja cek penyebabnya dan lakukan pertolongan pertama!
komputer-lemot
1. Startup serakah
Bagi anda yang komputernya lemot, bisa dicek apakah komputer anda sudah lemot sewaktu booting? Langsung saja anda masuk ke ctrl+R > msconfig > tab startup > Disable smua program yang tidak penting sewaktu start up.
2. Komputer ‘eneg’ dengan temporary files
Tiap kali anda menjalankan suatu aplikasi, komputer membuat temporary file yang berguna untuk mempercepat jalannya kegiatan yang sama. Komputer semakin lemot karena banyaknya temporary file berbanding lurus dengan kebutuhan ruang hard di drive tempat sistem operasi (C). Solusinya masuk ke menu Accessories > jalankan Windows Disk Cleanup.
3. Fragmentasi Hard disk
Pada intinya fragmentasi terjadi karena adanya aktivitas menyimpan, memanggil, mengcopy maupun mempaste file. Ketika sistem membutuhkan suatu file tersebut sistem mungkin tidak dapat menemukan suatu file dalam bagian yang berdekatan (sudah pindah tempat). Inilah yang menyebabkan komputer lemot karena system membutuhkan semakin banyak waktu untuk mencari lokasi file.
Gunakanlah Disk Defragmenter dengan periode tertentu. Meskipun membutuhkan waktu yang lumayan lama (tergantung kapasitas hard disk yang digunakan) tetapi setelah selesai melakukan Defragmenter, akan terasa efeknya.
4. Uninstall yang kurang bersih
Jika anda ingin menghapus suatu program, jangan cuma hapus foldernya sebab masih terdapat sisa file seperti informasi registrasi aplikasi, save games, screenshots, dll. Uninstall yang benar lewat control panel atau pakai software uninstaller.
5. Terlalu banyak program
Selama ini, saya selalu install program yang dipakai setiap hari. Sedikit sekali yang saya install, akibatnya komputer saya cepat gak seperti punya teman-teman saya yang lemot. Jangan biarkan Drive C (untuk menyimpan OS) penuh karena program atau file sehingga komputer anda super lemot. Begitu juga dengan antivirus. Jangan menggunakan banyak antivirus karena membuat komputer lemot.
6. Virus
Apapun jenis virusnya,bisa membuat komputer anda bermasah karena ia bisa berganda, mendownload sesuatu terus-menerus dari internet dan lain-lain. Hal yang paling penting adalah melakukan scanning komputer secara berkala dan gunakan antivirus yang ringan tapi berkemampuan tinggi.
7. Menua
Barang elektronik pasti memiliki batasan kemampuan tergantung usia. Semakin lama pasti akan menua, rusak, kinerja menurun. Wajar kalau lemot. Solusinya beli barang yang baru jika sudah terlalu ‘lawas’ dan ‘sakit-sakitan’.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More