Rabu, 28 Mei 2014

Pentingnya Flashdisk Sebagai Media Penyimpanan

Pentingnya Flashdisk Sebagai Media Penyimpanan


Flashdisk, mungkin semua orang sudah begitu akrab dengan perangkat yang satu ini. Bagaimana tidak, perangkat ini biasa digunakan untuk mengolah file maupun data milik pribadi untuk berbagai keperluan. Oleh karena itu pelajar, mahasiswa dan juga karyawan yang biasa beraktivitas di depan komputer tentu harus memiliki perangkat ini. Pada dasarnya flashdisk merupakan perangkat output yang biasa digunakan dalam hal penyimpanan file, data, dokumen penting dan lainnya. Nama dari flashdisk yang sebenarnya adalah Pen Drive, Microdisk, USB Drive dan Pocket Drive. Dalam sebuah flashdisk juga terdapat suatu perangkat yang memiliki fungsi untuk mengontrol. Selain itu ada juga memori penyimpanan yang sifatnya non-volatile. Maksudnya semua data di dalamnya tidak akan hilang jika tidak terdapat aliran listrik.
Flashdisk
Adapun fungsi dari flashdisk adalah :
Sama seperti tujuan awal digunakannya, perangkat yang satu ini mempunyai fungsi untuk menyimpan file maupun data-data penting. Semua data yang ada pada flashdisk dapat dipindahkan ke perangkat yang lain. Contohnya ke laptop, komputer maupun antar flashdisk. Jenis data yang bisa dimuat flashdisk sendiri ada berbagai macam, bahkan hampir semua jenis data bisa disimpan di dalamnya. Namun secanggih apapun sebuah flashdisk, apabila penggunaannya salah tentu bisa berakibat fatal. Bahkan bisa-bisa flashdisk akan rusak dan juga tidak bisa digunakan lagi. Lantas bagaimana cara supaya flashdiks berfungsi dengan baik dan bisa awet? Caranya sangat mudah, anda hanya dianjurkan untuk merawatnya saja. Selain itu dalam penggunaannya pun juga harus benar. Jika hendak melepas flashdisk dari komputer sebaiknya selalu dilakukan dengan cara safe removal. Jadi pelepasan dengan cara ini bisa memperkecil terjadinya kerusakan pada flashdisk. Akan tetapi bila dilakukan pencabutan secara paksa, maka bisa dipastikan flashdisk tidak akan bertahan lama.
Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pentingnya flashdisk sebagai media penyimpanan yang bisa anda ketahui. Namun perlu anda perhatikan bahwa jika kita ingin perangkat ini awet dan semua data di dalamnya tidak rusak, maka kita juga harus konsisten dalam merawat flashdisk.


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More