Rabu, 28 Mei 2014

Mengoperasikan PC Stand Alone dengan Sistem Operasi Berbasis Teks

Mengoperasikan PC Stand Alone dengan Sistem Operasi Berbasis Teks


Mengoperasikan PC stand alone dapat digunakan dengan menggunakan sistem operasi berbasis teks. Komputer yang saat ini sudah banyak digunakan untuk membantu manusia, dijadikan sebagai alat pekerja yang memudahkan pekerjaan yang dapat dilakukan secara cepat dan pasti. Di dalam komputer ada banyak sekali rangkaian yang menghiasinya, sehingga terciptalah suatu program yang dapat dijalankan sebagai pembuat data atau gambar dan lain sebagainya. Ada pula berbagai sistem yang dapat digunakan untuk mengolah dan membuat suatu data.
pc-stand-alone
System operasi yang berbasis teks ini dapat ditemukan dalam beberapa aplikasi seperti Microsof Office yang didalamnya terdapat aplikasi pengolahan kata yang biasa dikenal sebagai Ms.Word dan juga terdapat pengolahan sistem basis data yang biasa disebut data base. Namun selain Ms.Office juga ada lagi aplikasi yang menyediakan pengolahan kata yaitu Openoffice word. Pengolahan kata dapat kita jadikan sebagai pembuat dokumen, grafik dalam perkantoran atau membuat sebuah berita dengan disertai gambar. Semua itu dapat kita lakukan dengan satu aplikasi saja.
Mengoperasikan PC stand alone dengan menggunakan sistem operasi DOS. Terdapat direktori didalam DOS yang merupakan tempat untuk menempatkan file dengan bentuk yang sejenis di dalam media penyimpanan. Direktori didalam DOS serupa dengan folder yang ada di sistem operasi pada Windows, hanya beda istilah saja. sama seperti folder, didalam direktori dapat ditambahkan direktori lagi yang dikenal dengan nama sub direktori dan istilah untuk direktori paling utama bernama root direktori. Tujuan membuat direktori dalam mengoperasi PC stand alone ini adalah untuk memudahkan ketika sedang mencari file yang dibutuhkan. Terdapat beberapa perintah yang ada pada acces direktori yakni make direktori atau disingkat dengan MD, kemudian ada change direktori atau SC, yang terakhir ada remove directori atau RD.
Beberapa perintah ekternal yang terdapat dalam sistem operasi teks memerlukan file DOS untuk mengoperasikan PC stand alone ialah format yang dikhususkan untuk menginisialisasi penyimapanan didalam disket dan hardisk. Ada pula diskcopy yang bertugas sebagai pembuat disket duplikat, selanjutnya label, chkdsk dan masih banyak lagi.
Langkah dalam menjalankannya ialah mempersiapkan computer dengan menyalakannya dan melindungi dengan protective. Lanjutkan pada pengaturan DOS yang didalamnya terdapat directori dan wildcard. Itulah cara mengoperasikan PC stand alone dengan menggunakan sistem berbasis teks.


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More