Rabu, 28 Mei 2014

Tips Memilih OS Windows 32 bit Atau 64 bit

Tips Memilih OS Windows 32 bit Atau 64 bit


OS atau singkatan dari Operating System adalah bagian utama dari sebuah computer. Mungkin dalam segi hardware, CPU adalah bagian utama dari sebuah computer. Namun dalam segi software, OS adalah bagian utamanya. Mengapa demikian? Karena tanpa adanya OS, aplikasi-aplikasi yang ada di computer kita takkan bisa berjalan.tips memilih os windows
Untuk itu, kita membutuhkan system operasi untuk menjalankan seluruh kegiatan sebuah computer. Di dalam dunia OS, dikenal adanya versi 32 bit dan juga 64 bit. Sebenarnya versi 32 dan 64 bit tidak banyak mengalami perbedaan. Hanya saja, performa computer anda akan sangat berpengaruh pada versi 32 bit atau 64 bit. Untuk itu, kita harus pandai-pandai memilih versi mana yang akan kita install pada computer kita karena jika kita salah install, maka performa hardware kita menjadi kurang optimal. Nah, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih OS windows 32 bit ataukah 64 bit. Berikut tipsnya:
  • Lihatlah besar RAM yang anda miliki. tips memilih os windowsNah, jika anda mempunyai kapasitas RAM 2GB atau kurang, anda bisa menggunakan Windows versi 32 bit. Namun jika RAM anda lebih dari 2 GB sebaiknya gunakan yang 64 bit. Mengapa? Karena OS windows 32 bit hanya bisa mendeteksi RAM maksimal 2 GB saja sehingga jika anda mempunyai 4 GB, maka yang terbaca hanya 2 Gb saja.
  • Cek prosessor anda apakah support 32 bit ataukah 64 bit ataukah keduanya. tips memilih os windowsJika prosessor anda support 64 bit, sebaiknya install saja Windows yang 64 bit. Namun jika anda belum tahu prosessor anda support yang mana, anda bisa menggunakan software bernama 64 bit checker.
  • Cek OS windows apa yang akan anda install pada computer. Jika anda ingin menginstall windows 7 atau 8, tentunya anda bisa memilih yang 64 bit. Namun jika anda menginstal windows xp, berpikirlah kembali untuk memilih 64 bit karena software untuk windows xp jarang yang menggunakan 64 bit.
Nah, itulah tips untuk memilih OS windows 32 bit atau 64 bit. Semoga jika anda sudah membaca tips tersebut, anda menjadi lebih tahu tentang OS windows 32 bit dan juga 64 bit.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More