Rabu, 28 Mei 2014

Shut Down itu Penting gak sih?

Shut Down itu Penting gak sih?


Ketika selesai menggunakan komputer/komputer, pasti kita wajib mematikan komputer atau laptop alias ‘shut down’ karena begitulah yang diajarkan di pelajaran TIK. Tapi sebaiknya anda jangan asal tahu, arena di balik ‘shut down’ ada beberapa alasan kenapa kita wajib melakukannya. Karena meskipun sepele, banyak lho diantara sobat kita yang malas banget dan langsung pencet tombol power atau langsung nutup laptopnya begitu saja. Sebenarnya hal yang begitu boleh gak sih kita lakukan? Oleh karena itu anda wajib baca beberapa sebab di bawah ini agar tambah paham dan kapok untuk ‘shut down’ dengan cara pintas alias pencet tombol.
shutdown-komputer
  1. Ketika anda melakukan shut down, komputer/laptop sedang melakukan pekerjaan yang penting sekali yaitu meregistrasi ulang komponen dipakai serta software dan data-data sedang dipakai maupun yang sudah dihapus. Jadi kalau kita mematikan langsung pakai jurus ninja (langsung pencet langsung selesai), komponen maupun software serta data yang digunakan tidak tersimpan di registri. Hal ini menyebabkan komputer/laptop tidak dapat menjalankan systemm recovery pada saat dimana anda tidak melakukan shut down dengan cara yang benar. Memang recovery penting ya? Kalau untuk anda mungkin tidak penting, tapi untuk saya penting banget donk.Recovery sangat membantu saya ketika terjadi kerusakan pada system.
  2. Efek keduanya yaitu lama-kelamaan terjadi kerusakan pada komponen komputer/laptop karena pemutusan arus secara tidak normal. Saat melakukan shut down, processor sedang memberi perintah bios untuk menyetop semua job komponen peralatan, so arus yang digunakan diputus secara normal. Anda tidak ingin kan kalau komputer/laptop anda cepat rusak?
  3. Akibat ketiga yaitu kita memperpendek umur processor. Pada saat shutdown, kipas komputer/laptop akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan processor dan jika komputer/laptop dimatikan langsung maka pendinginan processor tidak dapat bekerja dengan wajar sehingga mempercepat kerusakannya. So anda harus bersabar, toh hanya menunggu beberapa menit untuk proses shut down. Ingatlah pepatah “apa artinya komputer/laptop tanpa processor”.
  4. Selain kerusakan processor, memori juga bisa cepat rusak karena shut down yang salah. Memori juga butuh istirahat. Saat proses shut down, memori akan dikosongkan sehingga dapat dinyalakan lagi dalam keadaan fresh. Ibaratnya manusia yang tidur dengan banyak masalah, pasti tidurnya tidak nyenyak. Begitu juga memori, memori juga butuh istirahat agar bisa bekerja lagi dengan optimal.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More