Rabu, 28 Mei 2014

Tips Mengetahui Kerusakan / Kesalahan Hardware Komputer

Tips Mengetahui Kerusakan / Kesalahan Hardware Komputer


Bagi sebagian orang, computer atau PC masih menjadi andalan karena harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan laptop dengan spesifikasi yang sama. PC atau Personal Computer ini memang masih banyak diminati, terutama bagi para gamers dan juga overclocker yang sering mengutak-atik computer dan mengupgrade hardware computer.mengetahui kesalahan hardware komputer
Dalam memilih PC, kadang kita perlu untuk merakit PC berdasarkan bagian-bagiannya. Misalnya kita ingin membangun PC AMD, kita mencari komponen PC seperti prosessor, VGA, hardisk, RAM sendiri. Tentunya ini akan lebih menghasilkan performa yang lebih baik dan juga lebih memuaskan. Namun terkadang dalam merakit PC, kita akan menemui masalah pada Motherboard yaitu bunyi beep. Nah, untuk menanganinya berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika mendengar suara beep di BIOS.mengetahui kesalahan hardware komputer
  • Tidak ada bunyi. Jika pada saat computer dinyalakan ternyata tidak ada bunyi di CPU, dan computer tidak melanjutkan ke proses POST, maka ini bisa dipastikan ada 3 kemungkinan kesalahan pada PC. Pertama, cek power supply apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Kedua, cek motherboard apakah dalam keadaan baik atau terdapat komponen yang rusak. Yang ketiga adalah cek speaker internal pada motherboard apakah berfungsi dengan baik atau terpasang pada jack yang sesuai.
  • Bunyi beep 1 kali. Ini berarti semua komponen pada computer anda berjalan dengan baik dan bisa booting. Coba cek apakah pada layar monitor bisa menampilkan proses atau tidak. Jika tidak, cek pada kabel penghubung dengan motherboard atau dengan VGA.
  • Bunyi beep 2 kali. Jika berbunyi 2 kali, ini kemungkinan terdapat kesalahan pada memori pada PC. Untuk mengeceknya, silakan nyalakan computer dan apakah terdapat pesan error atau tidak. Biasanya computer akan menampilkan pesan error.
  • Bunyi beep 3 kali. Masalah ini juga biasanya mirip dengan bunyi beep 2 kali pada PC. Periksa apakah kondisi memori atau RAM anda baik atau sudah rusak.
Nah, mungkin dengan demikian anda bisa mengetahui letak kesalahan pada hardware anda dengan mengetahui kode bunyi beep yang dihasilkan di motherboard.


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More